Makna Hari Lahir Pancasila Bagi Direktur LAPENMI PB HMI


LAPENMI.ID - Pancasila merupakan Ideologi negara yang memiliki peran strategis sebagai integrasi nasional dalam rangka mewujudkan semangat persatuan.

Negara Republik Indonesia adalah negara yang sangat pluralistik, terdiri atas banyak suku, bahasa, adat-istiadat, golongan dan agama. 

Dalam dunia pendidikan, membumikan Pancasila sebagai Ideologi memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka mendorong hadirnya Negara sebagai organisasi yang mewujudkan kesejahteraan dan kecerdasan masyarakatnya.

Serta mempererat hubungan persaudaraan antar suku, sosial dan budaya dalam masyarakat di dalam organiasi negara.

Pancasila sebagai Ideologi harus hadir dalam diri setiap warga negara Indonesia. Pemahaman tersebut, harus dapat dilaksanakan dan diwujudkan dalam berbagai bidang kehidupan secara nyata. 

Memahami hal tersebut, sehingga memberi peluang untuk mengembangkan pemikiran baru yang relevan dan sesuai dengan kenyataan dari masa ke masa sehingga membuat ideologi Pancasila selalu aktual.

Akhir kata, Pancasila tidak boleh hanya sebatas Ide yang dihafal kata per kata. Pancasila adalah falsafah hidup yang harus hadir dalam diri setiap jiwa warga negara yang mengilhami pikiran, sikap dan perbuatan.

Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila!
1 Juni 2023


Direktur Bakornas LAPENMI PB HMI
Asran Siara

0 Komentar